TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-98 Pertama Kali di Mahulu Resmi di Buka


MAHULU - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-98 yang pertama kalinya di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) resmi dibuka, Rabu (5/4/2017) di Lapangan Long Bagun.

Dalam pembukaan TMMD ini dihadiri oleh unsur pemerintahan Kabupaten Mahulu, Siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA), pejabat kampung, dan masyarakat adat setempat.

Bupati Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh memandang program TMMD bak sebuah anugerah guna menunjang pembangunan infrastruktur di Kabupaten yang baru terbentuk 2013 silam ini.  “Ini dapat membantu tingkatkan kesejahteraan masyarakat dalam pembangunan desa,” jelasnya.

Bupati menambahkan "Selain itu kita juga harapkan TNI selalu dapat bekerjasama dengan Pemkab Mahulu," yang disambut baik oleh Komandan Kodim 0912/Kubar, Letnan Kolonel Infanteri Hendriawan Senjaya.

TMMD ke-98 ini diketahui pertama kali digelar di Mahulu, TMMD dipusatkan di enam desa. Puncak pelaksanaan TMMD ke-98 sendiri akan digelar pada 10 April mendatang. Kegiatannya berupa fisik dan nonfisik. Untuk sasaran nonfisik aman melibatkan sejumlah kementrian, di antaranya Kementerian Pertanian dan Kementerian Kesehatan. 

Sedangkan kegiatan fisiknya berupa pembangunan air bersih, pembuatan gapura, pemeliharaan jalan, perbaikan jembatan, penerangan masyarakat, dan rumah layak huni.

Bupati juga mengatakan program TMMD selaras dengan arah pembangunan Indonesia yang tercantum pada nawacita Presiden RI. Khususnya butir ketiga membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa.

"Hal ini selaras dengan misi kami membangun dan meningkatkan sarana prasarana publik yang berkualitas, adil berkelanjutan serta berwawasan lingkungan," apalagi Mahulu saat ini membutuhkan program percepatan pembangunan, khususnya daerah perbatasan.

“TMMD saat ini masih sangat relevan dalam mempertahankan NKRI. Dan kedua program pendekatan ke rakyat,” jelasnya.

Kegiatan TMMD sendiri perlu diketahui telah ditambah dari dua kali setahun menjadi tiga kali setahun. Hal ini diklaim membuat TMMD semakin diterima dan dirasakan manfaatnya oleh rakyat. (Kodim 0912/Kutai Barat). 

Sumber : http://www.korem091asn.mil.id/info-korem/1342-tni-manunggal-membangun-desa-tmmd-ke-98-pertama-kali-di-mahulu-resmi-dibuka.html